Pantai Indrayanti Jogja – Pantai Indrayanti merupakan salah satu tempat wisata pantai di Jogja yang sering direkomendasikan untuk para wisatawan. Nama pantai Indrayanti sendiri sudah sangat terkenal baik di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sama seperti tipikal pantai selatan di kawasan Gunung Kidul, pemandangan di sini juga tak kalah indah. Hamparan pantai yang luas, pasir halus, dan laut lepas biru yang bersih. Jika Anda merasa bosan di Malioboro, tempat ini bisa menjadi tujuan Anda. Simak info selengkapnya tentang pantai Indrayanti di bawah ini…

Informasi Sejarah Pantai Indrayanti

Pantai ini memiliki latar belakang yang cukup unik. Jika mendengar namanya, rasanya berbeda dengan pantai lain di kawasan ini. Pantai lain biasanya menggunakan nama tempat, sedangkan yang satu ini berbeda. Nama pantai Indrayanti sebenarnya bukanlah nama resmi. Nama ini diambil dari nama rumah makan Indrayanti yang letaknya tidak jauh dari sini.

Baca juga: 10 Daftar Tempat Wisata di Bandung yang Hits, Referensi Liburan 2023

Restoran ini cukup dikenal oleh pengunjung, dan sepertinya menjadi landmark tempat ini. Akhirnya secara tidak sengaja dari mulut ke mulut tempat ini lebih dikenal dengan Pantai Indrayanti. Nama Indrayanti sendiri diambil dari gabungan nama pemilik restoran; Pak Indra dan Bu Yanti.

Menjadi Pantai Mudik

Jadi, nama resmi yang digunakan pemerintah untuk destinasi wisata ini adalah pantai Pulang Sawal / pantai Pulang Syawal. Hanya saja, pengunjung maupun warga sekitar sudah mengenal tempat ini dengan nama pantai Indrayanti.

Meski pemerintah lebih mengkampanyekan nama Pantai Pangkalpinang, selama ini masih nama lama yang lebih melekat pada pengunjung baik dari dalam maupun luar Jogja. Belum lagi pengaruh pengguna media sosial yang lebih mengenal tempat ini dengan nama Pantai Indrayanti. Dulu sempat terjadi polemik antara pemerintah dan pengelola terkait penamaan tempat tersebut. Tapi sepertinya tidak akan berlanjut.

Inilah Lokasi Pantai Indrayanti

Lokasi pantai Indrayanti berada di kawasan wisata panti asuhan di Gunung Kidul. Letaknya tidak jauh dari tempat wisata pantai lainnya seperti pantai Pok Tunggal, pantai Sundak atau pantai Krakal. Dari pusat kota Jogja jaraknya kurang lebih 66 KM dengan waktu tempuh sekitar 2 jam untuk sampai ke sini.

Rada panjang karena jalannya naik turun dan berliku. Kondisi jalannya sendiri cukup mulus, sehingga perjalanan kami tetap nyaman. Jadi jika Anda berkunjung ke sini, Anda bisa pergi ke pantai lain juga. Alamat pantai Indrayanti tepatnya di kawasan desa Tepus, kecamatan Tepus, kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Petunjuk arah menuju pantai Indrayanti sebenarnya tidak sulit, karena berada di kawasan wisata yang populer. Rambu-rambu jalannya juga cukup lengkap, sehingga mudah diikuti. Btw, beberapa arah bilang pantai sawal atau pantai syawal. Ikuti saja karena pantai sawal dan indrayanti merujuk ke tempat yang sama.