Tempat Wisata di Puncak Bogor – Meski tidak terlalu jauh dari Jakarta dan bisa di tempuh sekitar satu jam perjalanan, Bogor menawarkan suasana yang sangat berbeda sehingga menjadikannya salah satu destinasi liburan akhir pekan favorit warga ibu kota. Apalagi kota ini mudah di jangkau dengan berbagai pilihan transportasi, mulai dari angkutan umum, kereta api, dan kendaraan pribadi. Meski begitu, ternyata masih banyak tempat wisata menarik di kawasan Bogor yang belum banyak di ketahui wisatawan. Yup, Bogor bukan sekadar kebun raya lho.

Bahkan kawasan sekitar Bogor, seperti Puncak hingga Cipanas (Cianjur), juga menawarkan banyak tempat wisata menarik yang jaraknya tidak terlalu jauh. Sempurna untuk liburan akhir pekan! Dengan mengingat hal itu, kami akan memberi Anda 19 alasan utama mengapa Anda harus mengunjungi Bogor/Puncak dan sekitarnya, dari tempat menginap yang bagus, pemandangan yang fantastis, hingga tempat makan unik untuk memanjakan indra Anda!

Rekomendasi Tempat Wisata di Puncak Bogor

1. Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas

Apakah salah satu impian Anda untuk melihat keindahan bunga sakura? Jadi, tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam untuk terbang ke Jepang, Anda bisa langsung menyempatkan diri untuk mengunjungi Kebun Raya Cibodas. Pohon berbunga merah jambu yang identik dengan negeri matahari terbit ini di tanam pada tahun 1971 untuk menyemarakkan taman tematik di Kebun Raya Cibodas.

Tak kurang dari 435 pohon sakura bisa Anda temukan di taman yang di kelilingi panorama Gunung Gede-Pangrango ini. Bahkan pohon sakura di sini lebih megah di bandingkan di negara asalnya lho. Jika di Jepang bunga sakura hanya mekar setahun sekali setiap musim semi, di sini kamu bisa melihat keindahan bunga ini 2 kali dalam setahun, yaitu sekitar bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus! Hal ini di sebabkan oleh perbedaan iklim dan kontur tanah.

Baca juga: Simak Keindahan Wisata Pantai Indrayanti Jogja

Selain Taman Sakura, di Kebun Raya Cibodas pengunjung dapat menikmati padang rumput yang luas, pohon-pohon raksasa tua, berbagai koleksi tanaman langka, taman lumut yang unik, kolam, sungai, air terjun, air mancur, dan rumah kaca.

2. Puncak Venesia Kecil

Berada di Kota Kembang, selain bisa menginap di salah satu villa yang di sewakan di sini, Anda juga bisa mengunjungi kawasan Little Venice. Little Venice adalah sebuah danau buatan yang di rancang dengan arsitektur semirip mungkin dengan Kota Venesia di Italia. Di sini Anda bisa menjajal berbagai permainan, mulai dari sepeda untuk anak-anak hingga gondola yang bisa Anda kayuh sendiri. Ya, jika Anda malas mendayung, Anda juga bisa membiarkan petugas mengayuh gondola sambil duduk santai menikmati pemandangan. Wahana lain yang tak kalah menarik adalah Mississippi Boat Ride dengan perahu bertema western.

3. Gunung Batu Jonggol

Dengan ketinggian sekitar 875 mdpl, Gunung Batu Jonggol menawarkan pengalaman bagi pendaki pemula untuk melihat pemandangan alam dari atas. Medannya tidak terlalu sulit, untuk mencapai puncak juga relatif mudah. Tapi yang paling seru adalah saat kamu bisa berada di atas.

Di sana, Anda tak hanya bisa menikmati pemandangan kawasan Jonggol yang hijau dan istimewa, tapi juga kemegahan Gunung Gede Pangrango dari kejauhan. Dan dengan pemandangan yang begitu bagus, selfie atau wefie adalah suatu keharusan. Berkemah di sini? Mengapa tidak. Ada sejumlah spot yang juga di tawarkan bagi pecinta travelling dan hiking. Super!

4. Kawasan Wisata Rusa Jaya

Didirikan pada tahun 1993, di lahan seluas 5 hektar yang dulunya di kenal sebagai Pusat Penangkaran Rusa Cariu, Anda dapat menghabiskan waktu bermain dan bercanda dengan rusa yang menggemaskan. Di penangkaran yang terletak di Desa Buana Jaya ini di ternakkan beberapa jenis rusa, mulai dari Rusa Cheetal, Rusa Jawa, dan juga Rusa Bawean. Jika Anda pergi ke sana dengan kendaraan pribadi, Anda di haruskan memarkir kendaraan Anda di tempat yang telah di sediakan, kemudian melanjutkan perjalanan melalui jembatan gantung yang membentang di atas Sungai Cibeet untuk mencapai tujuan Anda.

Jangan lupa untuk berhenti dan berfoto saat berada di atas jembatan, karena pemandangannya sungguh menakjubkan! Setibanya di area penangkaran, Anda juga di perbolehkan untuk memberi makan dan bermain dengan hewan lucu ini, dan tentunya berfoto ria. Anda bisa membeli ubi jalar untuk memberi makan rusa yang di jual petugas. Selain makan singkong, di pagi hari rusa ini biasanya makan rumput, sedangkan di malam hari mereka ngemil dedak!

5. Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Siapa bilang di Indonesia tidak ada hutan pinus seperti di Amerika? Di kawasan Sentul Selatan Anda bisa menemukan hutan pinus yang sekilas akan membuat Anda lupa bahwa Anda sedang berada di Indonesia. Berada di ketinggian 800 mdpl, Taman Wisata Alam Gunung Pancar menyuguhkan suasana hutan dengan pepohonan pinus yang ramping dan menjulang tinggi sehingga memberikan kesan dramatis dan romantis.

Tak heran jika tempat ini sering di jadikan sebagai lokasi pemotretan prewedding. Jika sudah puas berfoto atau piknik di udara segar dan sejuk, Anda bisa langsung melanjutkan bersantai di pemandian air panas yang buka 24 jam. Lokasinya tidak jauh dari pintu masuk taman wisata ini.