Tempat Wisata di Dieng – Tempat wisata di Dieng terkenal dengan alamnya yang indah dan hawanya yang sejuk. Dataran Tinggi Dieng atau Dieng Plateau merupakan tempat terbaik untuk berwisata menikmati alam di dataran tinggi. Secara administratif Dataran Tinggi Dieng berada di dua kabupaten, yaitu:

Kabupaten Wonosobo yang termasuk dataran tinggi bagian timur atau Dieng Wetan.
Kabupaten Banjarnegara, meliputi bagian barat atau Dieng Kulon.

Jadi untuk menuju Dieng bisa melalui Banjarnegara, Batang dan Wonosobo. Di mana Anda akan melalui jalur berkelok-kelok dengan pemandangan yang menakjubkan. Berikut beberapa tempat wisata di Dieng yang bisa menjadi bahan referensi Anda untuk berlibur bersama orang tersayang.

Rekomendasi Tempat Wisata di Dieng

1. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang merupakan kawah aktif terbesar di Dataran Tinggi Dieng. Maka tak heran jika kawasan sekitar Kawah Sikidang dipenuhi kepulan asap dan bau belerang yang cukup menyengat.

2. Telaga Warna Dieng

Telaga Warna Dieng bisa Anda jadikan tujuan wisata pertama saat berada di Dataran Tinggi Dieng. Dimana telaga ini terkenal dengan warna air telaga yang berbeda.

3. Sudut Pandang Tieng

Tempat wisata Dieng berikutnya adalah Gardu Pandang Tieng yang berada di ketinggian sekitar 1789 mdpl, tepat di atas Desa Dieng. Lokasi yang satu ini menjadi favorit para wisatawan, untuk menyaksikan panorama yang sangat indah.

Banyak wisatawan yang menunggu untuk menyaksikan matahari terbit dengan awan yang lembut, selain Bukit Sikunir. Anda bisa merasakan sensasi daratan di atas awan.

4. Golden Sunrise Bukit Sikunir

Lalu ada Bukit Sikunir yang terkenal dengan golden sunrise-nya. Sesuai dengan julukannya, indahnya sinar matahari akan Anda nikmati saat berada di atas puncak.

Bukit ini berada di ketinggian yang cukup tinggi untuk menjadi saksi Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Merapi hingga Merbabu. Anda juga akan melewati Danau Cebong, dan Anda juga bisa mendirikan tenda di sekitarnya atau di puncak bukit.

5. Batu Angin Ratapan

Gardu Pandang Ratapan Angin merupakan tempat wisata yang cukup hits di Dieng, karena Anda bisa menikmati keindahan alam dari ketinggian. Apalagi lokasinya cukup dekat dengan kawasan wisata lainnya.

Sebelum sampai di spot utama anda harus menaiki beberapa anak tangga terlebih dahulu, karena posisi Batu Angin Ratapan sendiri berada di ketinggian.

6. Museum Kailasa

Tempat wisata lain yang bisa anda kunjungi saat berada di Dataran Tinggi Dieng adalah mengunjungi Museum Kailasa yang merupakan museum yang akan memberikan banyak informasi tentang Dataran Tinggi Dieng.

7. Tuk Bima Lukar

Tuk Bima Lukar merupakan tempat wisata di Dieng, Wonosobo dengan konsep wisata yang sarat akan cerita sejarah dan juga mitos yang masih dipercaya oleh masyarakat setempat.

Baca juga: Keindahan Embung Kledung Menjadi Tempat Wisata Terbaik di Temanggung

Tempat wisata sejarah terkadang hanya diminati segelintir orang, padahal wisata sejarah tidak lagi membosankan karena dilengkapi dengan beberapa fasilitas, contohnya spot foto.

Tuk Bima Lukar merupakan sumber dari Sungai Serayu, dan telah ada sejak abad VIII Masehi. sehingga dapat dikategorikan sebagai mata air purba yang airnya selalu mengalir meski di musim kemarau.

Dipercaya bahwa siapapun yang membasuh muka atau bahkan mandi di Tuk Bima Lukar akan awet muda, oleh karena itu banyak pengunjung yang datang untuk mencoba kesegaran mata air purba ini.

8. Gunung Prau Via Dieng

Gunung Prau merupakan salah satu gunung di pulau Jawa dengan ketinggian puncak sekitar 2.590 mdpl, dan menjadi gunung favorit untuk didaki. Meski begitu, ramen sering disebut gunung sejuta umat.

Jalur pendakian Gunung Prau terindah ini terhubung dengan banyak jalur yang ada di Kabupaten Wonosobo. Seperti jalur pendakian Gunung Prau via Patak Banteng di Desa Patak Banteng dan via Dieng di Desa Dieng Wetan yang keduanya berada di Kecamatan Kejajar.

Jalur pendakian Gunung Prau via Dieng merupakan jalur yang paling populer di kalangan pendaki, selain jalurnya yang landai tidak begitu melelahkan dan juga menyuguhkan pemandangan yang indah. Bahkan, Anda juga akan diberikan bonus kabut tipis jika datang pada sore hari.