Pura Lempuyang Bali – Pura Lempuyang Luhur merupakan sebuah pura yang terletak di bagian timur Pulau Dewata, tepatnya di Kabupaten Karangasem. Pura ini mulai ramai diperbincangkan sekitar 3 tahun lalu, ketika banyak yang memposting foto saat berada di gapura dengan latar belakang Gunung Agung yang megah. Gerbang tersebut dijuluki “The Gate Of Heaven” atau gerbang surga.

Banyak wisatawan yang kagum dan kagum dengan keindahan pura terbesar dan terpenting di Bali ini. Pura Lempuyang terletak di ketinggian 1.175 meter di atas permukaan laut. Dan untuk menuju spot foto viral ini, kamu harus menaiki anak tangga yang cukup banyak dan terjal.

FYI, lokasi pengambilan foto viral ini bernama Pura Penataran Agung Lempuyang yang berada di kawasan Gunung Lempuyang. Sedangkan Pura Lempuyang Luhur terletak di puncak gunung.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Pura Lempuyang

  • Tiket masuk ke Pura Lempuyang adalah Rp. 50.000 per orang, sudah termasuk kain yang wajib anda gunakan saat berkunjung ke Pura Lempuyang.
  • Biaya untuk naik shuttle bus adalah Rp. 50.000,- untuk pulang pergi.

Fasilitas umum di sekitar Pura Lempuyang antara lain:

  • Bus tutup
  • Toilet
  • Warung makanan dan minuman

Daftar Tempat Wisata di Pura Lempuyang

1. Pura Gelung Jaba Tengah

Daya tarik selanjutnya adalah tampilan arsitektur yang megah dan indah dengan banyak ornamen khas Bali. Tempat ibadah ada di dalam. Terletak di bagian paling atas.

Jadi untuk menuju ke area dalam candi harus melalui anak tangga yang tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Bedanya tangga terdiri dari 3 buah yang menuju ke tiga pintu. Di awal tangga diapit sepasang arca Anantaboga dan Basuki Naga, serta deretan arca Pandawa. Yang mengandung arti bahwa setiap tingkatan kawasan memiliki arti yang berbeda.

2. Gerbang Surga

Inilah yang menjadi favorit pengunjung saat berkunjung ke Pura Lempuyang. Yakni gapura dengan tampilan keindahan alam yang memukau ditambah dengan kegagahan Gunung Agung.

Pengunjung bisa berfoto di pintu gerbang dengan bantuan fotografer lokal, sehingga menghasilkan foto yang sangat keren dan eye-catching. Dengan keindahan panorama yang dimilikinya, wajar jika gerbang ini disebut Gerbang Surga.

Namun untuk menuju gerbangnya, Anda harus menaiki ribuan anak tangga terlebih dahulu. Hati-hati saat melangkah, karena tangganya cukup terjal. Foto-foto ini bisa menjadi bukti pengalaman Anda saat mengunjungi Pura Lempuyang. Meskipun pura merupakan tempat ibadah bagi umat Hindu, namun bagi Anda yang beragama lain diperbolehkan mengunjungi pura tersebut.

3. Pura Lempuyang Luhur

Setelah mengunjungi Pura Penataran Agung Lempuyang, sempatkan untuk mengunjungi Pura Lempuyang Luhur yang terletak di puncak gunung. Untuk memastikan sampai ke lokasi Anda harus melakukan trekking terlebih dahulu

Trekking dilalui dengan melewati jalan setapak di antara rindangnya pepohonan. Udara terasa sangat sejuk, pastikan Anda menggunakan alas kaki yang tidak licin dan nyaman