Keindahan Taman Sungai Mudal – Taman Sungai Mudal merupakan objek wisata alam terbuka yang terletak di Kabupaten Kulon Progo yang menawarkan pesona kolam pemandian yang bersumber dari mata air alami.

Mata air tersebut berasal dari sebuah goa, sehingga keberadaan Taman Sungai Mudal menghilangkan kesan angker dari sebuah goa. Apalagi di tambah dengan dukungan fasilitas yang membuat wisatawan merasa nyaman selama berada di sana.

Taman Sungai Mudal merupakan salah satu wisata Kulon Progo yang selalu menjadi tujuan utama saat liburan tiba. Salah satu alasan utamanya karena Taman Sungai Mudal bisa menjadi destinasi wisata keluarga yang menyenangkan.

Lalu apa sebenarnya yang menjadi daya tarik dari Ekowisata Taman Sungai Mudal? Yuk simak ulasannya.

Informasi Sejarah Taman Sungai Mudal

Sejarah Taman Sungai Mudal awalnya di mulai sekitar tahun 2011, melalui program pembersihan saluran air yang di lakukan oleh masyarakat setempat. Niat awalnya adalah mencoba membersihkan mata air yang berasal dari sebuah gua. Karena airnya yang jernih selalu di gunakan untuk kebutuhan masyarakat. Menyadari betapa besar potensi dan pesona alam yang ada di Banyunganti, penataan kawasan menjadi obyek wisata pun di mulai.

Baca juga: Keindahan Air Terjun Luhur Lihat Keseruan Bermain Air Gunung Salak di Ciapus Bogor

Termasuk membuat kolam yang bersumber dari mata air, di tambah dengan penataan fasilitas pendukung lainnya. Pada akhirnya pemandangan itu di sulap menjadi taman yang sangat indah, dengan kolam yang eksotis.

Adapun istilah Mudal salah satunya mengacu pada kondisi air yang selalu melimpah, tidak pernah surut, jernih, sehingga dapat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.

Keindahan Taman Sungai Mudal

Secara umum atraksi Ekowisata Taman Sungai Mudal yang disajikan kepada pengunjung di klasifikasikan menjadi 3 hal. Dia :

1. Taman yang Indah

Jika menggunakan hiperbola, maka tidak ada salahnya jika taman di Taman Sungai Mudal ini seperti sebidang taman surga yang di turunkan ke tanah Kulon Progo.

Taman mengelilingi area kolam. Bunga-bunga indah, jalur trekking yang terorganisir, dan beberapa gazebo untuk melepas lelah, adalah sebagian dari keindahan taman ini.

2. Ragam Wahana Wisata

Kemeriahan wisata di Taman Sungai Mudal semakin lengkap dengan adanya fasilitas pendukung lainnya, atau berbagai wahana yang bisa di nikmati oleh semua kalangan. Menyukai :

  • Rubah terbang
  • Area Perkemahan
  • Perburuan Foto
  • Dekat dengan lokasi Air Terjun Kembang Soka
  • Dekat dengan lokasi Air Terjun Kedung Pedut

3. Kolam Pemandian

Daya tarik Taman Sungai Mudal Kulon Progo yang pertama adalah adanya kolam renang, atau kolam pemandian yang bersumber dari mata air di dalam goa. Airnya jernih, dan di dominasi warna hijau tosca. Sehingga sulit menahan keinginan untuk berenang di kolam tersebut, apalagi saat cuaca sedang panas.

Kolam di tata dengan baik, dan ada dua kolam yang di peruntukkan bagi orang dewasa dan anak-anak. Fasilitas pendukung seperti ban pelampung juga tersedia.

Harga tiket Taman Sungai Mudal

  • Tiket masuk Taman Sungai Mudal Rp. 10.000 per orang
  • Pengunjung di kenakan biaya tambahan jika ingin menggunakan wahana seperti flying fox

Lokasi dan Alamat Mudal River Park

Lokasi dan alamat Taman Sungai Mudal berada di Dusun Banyunganti, Desa Jati Ulyo, Kecamatan Giri Mulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Jalan menuju Ekowisata Taman Mudal atau di kenal juga dengan Taman Sungai Mudal dari Jogja hanya berjarak 32 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Akses jalan bagus, motor dan mobil bisa lewat ke area parkir Taman Sungai Mudal.