Kawah Putih Bandung – Kawah Putih Bandung merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang terkenal. Banyak wisatawan baik asing maupun lokal yang mengunjungi lokasi ini.

Tempat wisata Kawah Putih ini berada di kawasan Bandung Selatan. Dikelilingi oleh kebun teh Walini yang asri dan terawat, ditambah dengan suasana yang tenang dan segar, akan memikat siapapun yang berlibur ke kawasan ini. Bisa dibilang, tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata andalan di Bandung lho.

Harga Tiket Masuk Kawah Putih dan Fasilitasnya

Saat ini Kawah Putih masih di bawah pengelolaan Perhutani. Sejauh ini menurut saya harga tiket masuk Kawah Putih Ciwidey masih terjangkau. Harga tiket Kawah Putih Bandung:

  • Wisatawan lokal : Rp 25.000
  • Turis Mancanegara: Rp 75.000
  • Sesi foto: Rp 500.000
  • Akses mobil pribadi ke area parkir atas: Rp 150.000

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata di Bandung Selatan ini cukup lengkap;

  • area parkir yang luas
  • angkutan khusus menuju lokasi (ontang-anting)
  • fasilitas toilet umum
  • ruang sholat
  • warung dan restoran (area parkir di bawah)

Daftar Tempat Wisata Kawah Putih Bandung

1. Dermaga dan Jembatan Apung

Salah satu fasilitas menarik di Kawah Putih Bandung adalah adanya dermaga kecil di tengah kawah, dengan akses jembatan apung. Objek ini terbilang unik, dan menjadi salah satu spot foto favorit para wisatawan yang berkunjung. Untuk memasuki jembatan apung ini, Anda harus membayar tiket sebesar Rp 10.000. Tapi menurut saya cukup murah, dan kita bisa berfoto dengan objek-objek yang unik juga kan? Kebetulan saat kami tiba, hari sudah menjelang tengah hari. Menurut saya tempat ini akan terlihat lebih indah jika dikunjungi pada pagi atau sore hari.

2. Anting Kawah Putih Ontang

Saat ini, pengguna bus wisata dan sepeda motor diharuskan parkir di area parkir bawah, dan menuju ke lokasi kawah dengan menggunakan angkutan khusus yang disebut ontang-anting Kawah Putih. Angkutan khusus ini mengantarkan pengunjung dari tempat parkir menuju kawasan kawah.

Baca juga: Keindahan Air Terjun Kanto Lampo Air Terjun Wiasata di Bali

Jika menggunakan mobil pribadi bisa langsung parkir di area parkir atas, namun harus membayar harga yang jauh lebih mahal (Rp 150.000). Menggunakan ontang-ring juga menyenangkan, memberikan suasana berbeda saat naik ke lokasi. Hanya saja saya merasa banyak pengemudi yang cenderung ngebut saat membawa penumpang. Tapi mungkin itu hanya perasaanku saja.

3. Skywalk Cantigi Kawah Putih

Skywalk Cantigi adalah salah satu kawasan di Kawah Putih yang menurut saya patut Anda coba. Skywalk Cantigi merupakan anjungan bambu yang mengelilingi area kawah putih. Anjungan bambu ini berada di hutan cantigi yang mengelilingi kawah. Itu keren. Meski terbuat dari bambu, namun juga kokoh. Tingginya sekitar 2-3 meter dari permukaan tanah, dan langsung dikelilingi oleh pohon cantigi. Ada beberapa anjungan pandang dan tempat istirahat di sepanjang Cantigi Skywalk juga. Di beberapa bagian, terdapat pepohonan yang dibiarkan melintang di tengah Skywalk Cantigi. Ini bisa jadi objek foto yang keren banget.

Skywalk Cantigi kondisinya cukup mudah dilalui. Tidak banyak tangga curam yang menguras tenaga. Namun, Anda harus berhati-hati saat berjalan di sisi skywalk, karena pegangan tangga hanyalah seutas tali. Sekitar 300-400 meter kemudian, Anda akan menemukan platform terakhir dan tertinggi. Pemandangan dari platform terakhir ini keren banget lho! Anda bisa melihat-lihat di sekitar area kawah. Untuk masuk ke Skywalk Cantigi, kita harus membayar tiket sebesar Rp 10.000. Btw, ada dua Cantigi Skywalk di Kawah Putih:

  • Skywalk pertama ada di tanah sebelum tangga turun ke kawah. Itu selalu terbuka sejauh yang kita tahu.
  • Pintu masuk Skywalk kedua berada di tengah tangga menuju kawah. Sesampainya di sana, ternyata tutup.