Wisata Pantai Karang Bolong – Pantai Karang Bolong merupakan bagian dari salah satu pantai di kawasan Anyer, Serang, Banten yang memiliki pemandangan bebatuan yang menakjubkan.

Karena keunikannya, pantai yang terletak di ujung barat Pulau Jawa ini tidak pernah sepi pengunjung. Perlu Anda ketahui, nama Pantai Karang Bolong di Indonesia sendiri bisa ditemukan di beberapa daerah. Diantara mereka:

  • Pantai Karang Bolong Sukabumi.
  • Pantai Karang Bolong, Kebumen
  • Dan Pantai Karang Bolong Serang itu sendiri.

Semuanya memiliki batu yang sama, tetapi bentuk dan ukurannya berbeda. Pantai Karang Bolong Serang menjadi lokasi favorit para pecinta pantai, karena memiliki beberapa spot keren untuk dikunjungi.

Daftar Wisata di Pantai Karang Bolong

Daerah Anyer terkenal memiliki ombak yang cukup besar, sehingga tidak disarankan untuk bermain air atau berenang ke laut lepas.

Meski begitu, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan hal-hal seru selama berada di Pantai Karang Bolong. Berikut beberapa jenis wisata yang bisa anda lakukan saat berkunjung ke Pantai Karang Bolong:

1. Mendaki ke Bukit Batu

Dengan menaiki anak tangga anda akan menuju Bukit Batu Karang, dimana anda bisa melihat panorama alam yang sangat indah dari ketinggian.

Meski tangganya cukup sempit dan cukup tinggi, pengunjung selalu bersemangat menaikinya. Apalagi di tengah pendakian Anda akan melewati sela-sela batang pohon.

Baca juga: Keindahan Pantai Seminyak Tidak Akan Terlupakan

Dengan berada di ketinggian sekitar 100 meter, Anda akan terkesima dengan hamparan laut yang sangat luas di depan mata. Lokasi ini sering dijadikan spot untuk berfoto.

2. Mengunjungi Karang Bolong

Inilah icon pantai yang anda kunjungi, tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi batu karang yang tengahnya berlubang cukup besar. Lubang tersebut konon terjadi akibat proses abrasi gelombang laut yang berlangsung lama sehingga menghasilkan lubang dengan diameter sekitar 50 meter dan tinggi hingga 30 meter.

Banyak pengunjung yang duduk di sekitar karang bolong ini sambil menikmati pemandangan Gunung Anak Krakatau di depannya. Batu karang ini memiliki pepohonan yang cukup lebat di bagian atas, dan untuk mengetahuinya kamu bisa menaiki batu tersebut dengan menaiki tangga di sisi kanan.

3. Bermain Air Dan Permainan Seru Lainnya

Jenis wisata yang terakhir tentu saja bermain air laut, namun harus berhati-hati, karena ombaknya cukup besar pada waktu-waktu tertentu. Pantai Karang Bolong memiliki kontur pantai yang cukup landai, dengan pasir berwarna coklat. Di sekitarnya banyak yang menjual ban pelampung untuk disewakan. Selain bermain air laut, anda juga bisa bersenang-senang dengan mencoba wahana air yang ada, tentunya anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk melakukan hal tersebut.

4. Memancing

Ragam wisata selanjutnya adalah memancing, spot mancing di Pantai Karang Bolong berbeda-beda. Dimana anda harus menuruni anak tangga dari atas batu karang, anak tangga yang dilalui cukup terjal dan sempit.

Namun, dalam perjalanan Anda akan melihat pemandangan yang sangat indah. Terdapat dua gazebo atau saung sederhana yang digunakan untuk istirahat sambil menunggu umpan dimakan ikan.

Informasi Pantai Karang Bolong

Secara metafisik, Pantai Karang Bolong disebut-sebut sebagai gerbang dimensional menuju kerajaan gaib yang masih berada di bawah kekuasaan kerajaan pesisir selatan. Gerbang dimensional digambarkan sebagai batu karang dengan lubang di tengahnya, dengan ornamen pohon lebat di atasnya dan sejajar dengan Gunung Krakatau.

Konon pada zaman dahulu tempat ini merupakan tempat untuk melakukan wiridan, bertapa atau tempat pertapaan bagi yang ingin menenangkan diri dan berserah diri sepenuhnya kepada Sang Pencipta. Konon Pantai Karang Bolong pernah digunakan oleh seorang pria bernama Prabu Pangeran Suryadilaga untuk menenangkan diri dan melatih ilmunya.

Awalnya pantai ini bernama Panta Karang Suraga, karena pantai ini merupakan tempat yang tepat untuk menenangkan diri dan menyerahkan jiwa raga kepada Tuhan Yang Maha Esa. Namun, makna ini sekarang banyak disalahgunakan. Letak batu yang berlubang besar di tengahnya ini sering dimanfaatkan seseorang untuk mencari kekayaan secara instan dengan menggunakan ritual-ritual tertentu.